LAPORAN PELAKSANAAN
PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL)
PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIKAN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
(PPPPTK) SENI DAN BUDAYA YOGYAKARTA
Jln. Kaliurang KM 12,5 Klidon Sukoharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta 55581
Diajukan Kepada SMK N 1 PACITAN Sebagai
Laporan Akhir Pelaksanaan PKL Jurusan MULTIMEDIA
Disusun Oleh :
Nama:
1. ……………..
SMK N 1 PACITAN
Jl. LETJEN SOEPRAPTO 53 TELP.(0357)881309 PACITAN
Website:http/www.smkn1-pci.sch.id E-mail:info@smkn1-pci.sch.id
Tahun Ajaran 2008/2009
HALAMAN PENGESAHAN
Karya tulis ini telah disahkan oleh pembimbing sekolah dan telah
dipertanggungjawabkan didepan penguji karya tulis SMK N 1 PACITAN pada :
Hari :…………………………………………………
Tanggal :…………………………………………………
Kepala SMK N 1 PACITAN Pembimbing Sekolah
Sugeng Bintoro.S.Pd,S.E,MM Amanudin Azhari, S.Kom
Mengetahui
Kepala
HALAMAN MOTTO
o Siapa yang melalui jalan untuk menuntut ilmu, maka Alloh akan
memudahkan baginya kesurga. Dan para malaikat selalu meletakan sayapnya
menaungi para pelajar karena senang dengan perbuatan mereka.(Al Hadist).
o Sebuah prestasi tanpa ditambah kepribadian dan sikap mental yang
positif akan rapuh dan mudah runtuh.
o Kegagalan bukan berarti akhir dari pekerjaan, tetapi merupakan awal
dari keberhasilan (Bartolomeus Diaz).
o Jadikanlah hari hari ini lebih baik dari pada hari kemarin, dan
jadikanlah hari esok lebih baik dari hari ini.
o
HALAMAN PERSEMBAHAN
Karya tulis ini kami persembahkan kepada :
1. Kedua orang tua kami yang telah membesarkan dan memberikan doa
serta dukungan kepada kami.
2. Bapak Sugeng Bintoro, S.Pd,S.E,MM selaku kepala SMK N 1 Pacitan
3. Bapak Amanudin Azhari,S.Kom ketua jurusan TI SMK N 1 Pacitan
4. Bapak dan Ibu Guru SMK N 1Pacitan yang telah membimbing kami.
5. Ketua P4TK Seni dan Budaya Yogyakarta
6. Staf dan karyawan P4TK Seni dan Budaya kampus Multimedia yang telah
membantu kami selama kami PKL.
7. Teman-teman seperjuangan yang selalu memberikan dorongan kepada kami.
8. Adik-adik kelas yang kami banggakan.
KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat tuhan yang maha esa yang
telah memberikan rahmat, hidayah, dan karunianya. Sehingga kami dapat
mnyelesaikan laporan praktek kerja lapangan (PKL) yang telah
dilaksanakan di P4TK Seni dan Budaya Yogyakarta yang masih sederhana dan
banyak kekurangannya.
Laporan praktek kerja lapangan (PKL) ini kami susun sesuai dengan
praktik kerja yang telah dilaksanakan di salah satu perguruan tinggi
seni dan buadaya yang bertujuan untuk memenuhi persyaratan untuk
kenaikan kelas pada SMK N 1 PACITAN, tahun ajaran 2008/2009.
Dalam penyusunan laporan ini kami menyadari banyak sekali
kekurangannya, namun berhubung banyaknya pihak luar yang mendukung dan
turut membantu, sehingga laporan ini dapat diselesaikan. Oleh karena itu
pada kesempatan ini kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada
semua pihak yang telah membantu kelancaran laporan ini, baik itu
dukungan moral atau materi.
Yogyakarta, 23 oktober 2008
Penyusun
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN ………………………………………………….. i
HALAMAN MOTTO …………………………………………………………. ii
HALAMAN PERSEMBAHAN ………………………………………………. iii
HALAMAN PENGANTAR ………………………………………………….. iv
KATA PENGANTAR …………………………………………………………. v
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Pelaksanaan Pkl
B. Tujuan Pkl
C. Tujuan Pembuatan Laporan
D. Teknik Pengumpulan Data
BAB II TINJAUAN UMUM
A. Nama Lembaga
B. Berdirinya Lembaga
C. Kedudukan, Tugas, dan Fungsi
D. Struktur Organisasi
BAB III TINJAUAN KHUSUS
A. Kegiatan Pkl
B. Program
C. Kebijakan
BAB IV PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran-Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG PELAKSANAAN PKL
Pendidikan merupakan modal terpenting dizaman ini. Dalam situasi dan
konsdisi sekarang ini tanpa adanya pendidikan yang memadai sulit untuk
memacu diri kita untuk menggapai masa depan yang lebih cerah dan global,
semua ini diperlukan keinginan dan kemauan yang lebih dalam dari diri
kita masing-masing. Dengan pendidikan dan belajar yang tekun takut
membawa kita semua dalam mewujudkan cita-cita dan impian yang telah kita
harapkan dizaman modern dan global ini.
Dalam era globalisasi kita semua diharapkan terus berusaha
meningkatkan sumberdaya yang handal dan berkualitas yang mampu bersaing
secara efektif.
Untuk dapat mencapai hal tersebut, maka sekolahan kami mengadakan
kegiatan PKL, sehingga siswa dapat merasakan situasi dan kondisi yang
akan dihadapi dimasa yang akan dating dan berusaha untuk menambah
wawasan yang mampu mendorong siswa untuk selalu berprestasi.
Melalui program ini kami harapkan dapat memacu siswa SMK N 1 Pacitan
Terpadu untuk selalu mengganggu menggali potensi yang dimiliki dan dapat
mengoptimalisasikan pengembangan pendidikan yang ada pada SMK N 1
Pacitan
B. TUJUAN PKL
1. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan masing-masing program yang
telah dilaksanakan.
2. Untuk mengetahui kemampuan siswa didalam menyerap semua materi yang
telah dibarikan.
3. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengenal lebih dekat tentang
lingkungan kerja dunia kerja nyata.
4. Meningkatkan wawasan siswa tentang dunia luar melalui proses
pengamatan langsung dilingkungan kehidupan sekitar.
5. Menumbukan motifasi pada siswa untuk menjadi manusia yang mampu
berpikir logis, kritis, kreatif, mandiri dan berakhlaq mulia.
C. TUJUAN PEMBUATAN LAPORAN
1. Sebagai tanda bukti telah melaksanakan PKL.
2. sebagai informasi untuk peserta PKL yang akan datang.
D. TEKNIK PENGUMPULAN DATA
o Brosur
o Catatan
o Internet
BAB II
TINJAUAN UMUM
1. NAMA LEMBAGA
P4TK Seni dan Budaya (Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPPG)
Kesenian) adalah unit pelaksana teknis pusat di Iingkungan Direktorat
Pendidikan Dasar dan Menengah yang mempunyai tugas pokok dan fungsi
sebagai Pusat Pengembang Mutu Pendidikan Nasional dalam merencanakan,
melaksanakan, mengevaluasi, meningkatkan, dan mengembangkan pendidikan
dan pelatihan (diklat) tenaga kependidikan tingkat nasional di bidang
seni dan kriya dalam rangka peningkatan mutu, efisiensi, dan relevansi
pendidikan nasional.
2. BERDIRINYA LEMBAGA
P4TK (Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga
Kependidikan) Seni dan Budaya pertama kali didirikan bernama PPPG
Kesenian yang berkedudukan di Yogyakarta. Mengawali kegiatannya sebagai
Proyek Peningkatan Pusat Pengembangan Penataran Guru Kesenian pada 1
September 1983 . Kegiatan dimulai di Dalem Ngadiwinatan, Alun-Alun
Selatan Keraton Yogyakarta. Sementara itu, pembangunan
kampus dilaksanakan pada tahun anggaran 1985/1986 dan secara
keseluruhan selesai pada tahun 1988/1989 . Kegiatan kantor pindah ke
lokasi baru di Klidon, Sukoharjo, Ngaglik, Slernan pada 1 Januari 1988 .
Status Unit Pelaksana Teknis dimulai dengan keluarnya Surat Keputusan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0529/0/1990 Tanggal 14 Agustus
1990. Berdasarkan SK Mendikbud itu, tugas dan fungsi utama P4TK Seni dan
Budaya (PPPG Kesenian) membina, mengembangkan, dan meningkatkan SMK-SK,
khususnya dalam hal materi dan teknis kependidikan di bidang seni
dan kriya. Binaannya saat ini berjumlah 53 SMK-SK negeri dan swasta
tersebar di seluruh penjuru tanah air .rs. Andono (1999-2002), (4) Ir .
Sartono, M .M. (2002-2003), (5) Drs. Sardi (2003-. . .). Pada tahun 2007
sejak dikeluarkannya Peranturan Menteri Pendidikan Nasional nomor : 8
Tahun 2007 tangggal 13 Februari 2007 tentang Organisasi dan Tata Kerja
Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan,
nama PPPG Kesenian selanjutnya berganti nama menjadi P4TK Seni dan
Budaya. Sesuai dengan Peraturan Menteri tersebut P4TK Seni dan Budaya
mempunyai tugas melaksanakan pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan
tenaga kependidikan khususnya dalam bidang Seni dan Budaya. Dalam
melaksanakan tugasnya P4TK Seni dan Budaya.
KEDUDUKAN DAN TUGAS P4TK SENI DAN BUDAYA
P4TK adalah unit pelaksana teknis (UPT) dilingkungan Departemen
Pendidikan Nasional dibidang pengembangan dan pemberdayaan pedidikan dan
tenaga kependidikan (PTK).
P4TK mempunyai tugas melaksanakan pengembangan dan pemberdayaan
pendidikan dan tenaga kependidikan Seni dan Budaya
TUGAS POKOK
Tugas pokok dan fungsi P4TK Seni dan Budaya (PPPG Kesenian) adalah :
1. Merencanakan program pengembangan diklat.
2. Melaksanakan diklat teknis pendidikan urituk meningkatkan mutu dan
kompetensi guru.
3. Melaksanakan pengembangan diklat guru.
4. Melaksanakan peningkatan cara penyajian dan materi diklat.
5. Melaksanakan penjaminan mutu dan evaluasi diklat.
Melaksanakan urusan tata usaha dan rumah tangga lembaga.
FUNGSI
P4TK Seni dan Budaya menyelenggarakan fungsi :
1. Penyusunan program pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga
kependidikan bidang Seni dan Budaya.
2. Pengelolaan data dan informasi peningkatan kompetensi pendidik dan
tenaga kependidikan bidang Seni dan Budaya.
3. Fasilitasi dan pelaksanaan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga
kependidikan Seni dan Budaya.
4. Evaluasi program dan fasilitasi peningkatan kompetensi pendidik dan
tenaga kependidikan, dan
5. Pelaksanaan urusan admnistrasi P4TK.
VISI DAN MISI P4TK SENI DAN BUDAYA
Visi P4TK Seni dan Budaya (PPPG Kesenian) adalah pusat pengembang
mutu pendidikan nasional seni, kriya, dan pengembang desain kriya yang
andal.
Misi P4TK Seni dan Budaya (PPPG Kesenian) adalah melaksanakan tugas
diklat dan pengembangan tenis pendidikan untuk meningkatkan mutu dan
kompetensi kerja guru SMKSK, pengembangan diklat kertakes, dan dikseni
dalam kaitannya menuju usaha peningkatan mutu pendidikan yang
terstandar.
PROGRAM
Penyusunan Program Pengembangan dan Pemberdayaan P4TK Seni dan
Budaya.
1. Pengembangan modul/bahan ajar.
2. Pengembangan model-model pembelajaran (lesson study, PAKEM, PMR, dll)
3. Forum ilmiah dan kompetensi
4. Inovasi dan pengkajian
5. Pengembangan Prototype
6. Pelaksanaan TNA (Training Needs Asessment)
MAKNA SIMBOLIK LOGO DEWI SARASWATI P4TK SENI DAN BUDAYA
Logo P4TK seni dan budaya sleman, yagyakarta merupakan abtraksi dari
dewi saraswati sebagai perlambang dari ilmu pengetahuan suci yang akan
memberikan keindahan dalam diri. Dewi saraswati memiliki empat tangan,
yang setiap tangan memgang seuah benda yang memliliki makna mendalam.
Tangan pertama yang memegang tasbih sebagai simbol kecerdasan spiritual,
tamgan yang kedua memegang wina (kecapi) sebagai simbol kecerdasan
emosional dan sosial, tangan ketiga yang memegang bukau sebagai simbol
kecerdasan intelektual, dan tangan yang keempat memegang trisula atau
bunga teratai sebagai lambang kekuatan atau kebijaksanaan yang dapat
ditranformasikan sebagai simbol kekuatan fisik atau kecerdasan
kinestesis.
Keempat tangan yang memegang benda sebagai empat simbol kecerdasan
tersebut, terwujudkan dalam patung p4tk seni dan budaya sleman,
yogyakarta. Yang digambarkan dalam lingkaran kecil dalam keempat “sikut”
atau sudut dari “tangan “ atau cadang.
Dalam ikon patung P4TK seni dan budaya juga terdapat lima klasifikasi
simbolik, yang diasosiasikan dengan empat poin atau empat arah dan
satusebagian pusat. Arah timur diasosiasikan dengan warna putih, selatan
berwarna merah, barat berwarna kuning, utara berwarna hitam, danpusat
memiliki sibol banyak warna.
Kelima klasifikasi simbolik tersebut tervisualisasikan dalam ikon
patung P4TK seni dan budaya, dengan memberikan sentuhan warna pada
setiap “tangan “ atau cabang arah mata angin dengan bentuk garis
kelok-kelok, dari “sikut” menuju keujung “lengan”. Dengan demikian
simbolisasikan patung P4TK seni dan budaya memilki makna sebagai sebuah
pusat yang menyebarluaskan kecerdasan spiritual, emosional dan sosial,
intelektual, dan kinestesis keseluruh dunia yaitu ke timur, selatan,
barat, dan utara.
STRUKTUR ORGANISASI
Struktur Organisasi P4TK Seni dan Budaya (PPPG Kesenian) didasarkan
SK Kepala P4TK Seni dan Budaya (PPPG Kesenian) Nomor 059/C18 .1/KP/2003
Tanggal 20 Januari 2003. Untuk dapat melaksanakan tugas dan fungsi
sesuai
visi dan misinya, P4TK Seni dan Budaya (PPPG Kesenian) didukung oleh
sejumlah tenaga profesional yang andal, kompeten di bidangnya, dan
berintegritas tinggi pada institusinya. Sel araspekembanganilmu dan
teknologi yang pesat, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM)
merupakan syarat mutlak. Untuk peningkatan SDM di Iingkungan P4TK Seni
dan Budaya (PPPG Kesenian) dilakukan melalui berbagai pendidikan dan
pelatihan formal (S-1,S-2,danS-3) maupun informal. Saat ini tenaga yang
ada berjumlah 338 orang, terdiri dari 304 orang tenaga administrasi dan
34 orang tenaga fungsional. Susunan organisai P4TK terdiri atas:
1. Kepala
2. Bagian Umum
2.1 Subbag Tata Usaha dan Rumah Tangga
2.2 Subbag Tatalaksana dan Kepegawaian
2.3 Subbag Keuangan
3. Bidang Program dan Informasi
3.1 Seksi Program
3.2 Seksi data dan Informasi
4. Bidang Fasilitas Peningkatan Kompetensi
4.1 Seksi Penyelenggaraan
4.2 Seksi Evaluasi
5. Koordinator Widyaiswara dan Kelompok Jabatan Fungsional
BAB III
TINJAUAN KHUSUS
A. Kegiatan PKL
1. Lembaga
a. Bagian Multimedia
o Menscan foto
o Edit foto
o Edit video
o Shoot P4TK
o Capture video
o Memasukkan daftar nilai mahasiswa
o Koreksi jawaban mahasiswa
o Membantu mengawasi guru guru diklat seIndonesia
o Membantu seksi dokumentasi Festival Seni Indonesia Th.2008
o Browsing
b. Bagian Kantor Pusat (Sie Evaluasi)
o Entri data
o Foto copy
o Mengikuti diklat
o Browsing
BAB IV
PENUTUP
A. KESIMPULAN
1. dengan diadakannya PKL kita semua lebih tahu akan dunia kerja yang
sesungguhnya.
2. dapat memahami dan mengetahui sendiri bahkan melaksanakan etos dunia
kerja yang nyata.
2. menjadikan para peserta didik belajar lebih mandiri karena jauh dari
orang tua
3.
B. SARAN-SARAN
Berdasarkan hasil kesimpulan dalm PKL yang telah kami laksanakan,
kami sarankan dan kami rekomendasikan hal-hal sebagai berikut:
1. membangun kehidupan yang berazas saling bersama, saling percaya,
saling menhargai dan saling memperbaiki kekurangan pribadi
masing-masing.
2. Utamakan tempat tinggal siswa/kost yang sekitarnya bisa melancarkan
dalam melaksanakan ibadah.
3. Untuk informasi penarikan siswa PKL diusahakan harus jelas dan pasti
hari dan tanggalnya agar para siswa prakerin apabila ditanya oleh
Pembina tidak binggung.
4. Untuk info monitoring diusahakan harus ada pemberitahuan sebelumnya
diusahakan jangan sampai mendadak agar Pembina di tempat prakerin kami
bisa membagi waktu seperti halnya wakyu monitoring yang pertama ditempat
kami tidak bertemu langsung sama Pembina prakerin kami,dan hanya dapat
bertemu assistennya.
5. Diusahakan peningkatan kerjasama dan komunikasi antara peserta PKL
dan guru pendamping
DAFTAR PUSTAKA
1. Diambil dari bronsur P4TK seni dan budaya
2. Diambil dari buku pedoman pendidikan P4TK seni dan budaya
3. Diambil dari modul P4TK Seni dan Budaya
4. Diambil dari internet/browser
5. Wawancara.komunikasi,bertanya kepada staf dan karyawan P4TK Seni Dan
Budaya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar